Artikel, Music Knowledge

Main Musik = Menyeimbangkan Otak Kiri & Kanan

Manusia diciptakan Allah SWT dengan segala kelebihan dan kekuranganya. Meskipun manusia sendiri sudah berhasil menemukan banyak rahasia Tuhan dalam anatomi tubuhnya, namun semakin banyak pula yang sebenarnya belum terungkap. Terutama tentang fungsi otak dan syaraf manusia.

Sampai saat ini, ilmu pengetahuan sudah mengetahui bahwa otak manusia terdiri dari dua bagian. Yaitu otak besar dan otak kecil. Selain itu otak besar juga terbagi dua atas otak kanan dan otak kiri. Di mana otak kanan mengendalikan fungsi tubuh sebelah kiri. Sedangkan otak kiri mengendalikan fungsi tubuh sebelah kanan.

Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Bagian otak ini merupakan pengendali intelligence quotient (IQ). Daya ingat otak bagian ini juga bersifat jangka pendek. Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis.

Nah, dengan mengetahui ini, kita tentu bisa menganalisis diri kita sendiri. Apakah kita cenderung selalu menggunakan otak kiri atau otak kanan?

Ada serangkaian tes untuk mengetahui potensi otak Anda. Tes ini juga bisa Anda lihat di Science Center yang ada di Trans Studio Makassar atau Bandung.

Tes A:
Genggam tangan Anda bersama-sama, seperti jika Anda berdoa. Kemudian perhatikan ibu jari tangan Anda. Jika ibu jari tangan kiri berada di atas ibu jari tangan kanan artinya otak kanan. Jika ibu jari tangan kiri berada di bawah ibu jari tangan kanan berarti otak kiri. Contoh pada gambar di atas adalah otak kiri.

Tes B:
Lipat tangan di depan dada Anda (bersedekap). Jika lengan kiri berada di atas lengan kanan, artinya Anda otak kanan. Jika lengan kiri berada di bawah lengan kanan, maka Anda cenderung otak kiri. Contoh pada gambar di atas adalah otak kiri.

Kesimpulannya sebagai berikut.

  • Jika [A] Kanan + [B] Kiri artinya seimbang tapi cenderung kanan. Orang seperti ini sangat perhatian, konvensional, berbelit-belit, cepat akrab dengan orang lain, waspada, pengalah dan stabil.
  • Jika [A] Kanan + [B] Kanan artinya dominan otak kanan. Orang seperti ini suka tantangan dan bersikap apa adanya. Cepat bertindak, imajinasinya kiat, selalu ingin tahu. Tapi ceroboh dan nekad, jarang mendengarkan pendapat orang lain.
  • Jika [A] Kiri + [B] Kiri artinya dominan otak kiri. Oarang seperti ini berdedikasi, cuek, perfeksionis, logis, selalu merasa benar, bisa dipercaya, kaku, memiliki banyak hal yang membanggakan, lawan yang tangguh.
  • Jika [A] Kiri + [B] Kanan artinya seimbang tapi cenderung kiri. Orang seperti ini suka mengurusi orang lain, berbakat jadi pemimpin, pandai berbicara dan menyiasati situasi, perhatian, tenang, bertanggung jawab, selalu berhati-hati dalam berpenampilan.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah anda cenderung menggunakan otak kiri atau kanan atau seimbang?

Yang jelas, kondisi itu merupakan karunia Tuhan. Tapi bukan berarti tidak bisa dirubah. Seperti halnya mereka yang kidal kemudian karena berlatih akhirnya bisa menulis dengan tangan kanan sama bagusnya dengan tulisan tangan kirinya.

Untuk itulah saya memberi judul tulisan ini “Main Musik = Menyeimbangkan Otak Kiri dan Kanan”. Maksudnya adalah kita dapat melatih otak kiri dan kanan untuk bekerja bersama-sama. Misalnya dengan bermain gitar atau piano. Fungsi otak kanan akan mengendalikan jemari tangan kiri Anda. Sedangkan otak kiri akan mengontrol jemari tangan kanan. Latihan fingering tangan kiri dan kanan secara bersamaan akan memaksa otak yang satu untuk giat dan tidak tidur ketika yang lainnya aktif. Otak kanan akan merasakan keindahan nada dan mengenali bunyi yang benar dan indah. Sedangkan otak kiri akan menghitung ritme, tempo dan biramanya.

(dari berbagai sumber)

About toekangmoesik

♥ Player solo keyboard di Losari Beach Hotel & Restaurant Makassar ♥ MD & Production Mgr di Radio SPFM Makassar ♥ Mantan Instruktur Gitar di Yayasan Pusat Pendidikan Musik (YPPM) Mataram-NTB ♥

Diskusi

One thought on “Main Musik = Menyeimbangkan Otak Kiri & Kanan

  1. Reblogged this on febi19.

    Posted by febi19 | 29 Agustus 2012, 01:04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

jasa pembuatan blog, hosting blog murah, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming murah

MUSIC POLLING

Musichat

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: