Artikel, Music Hardware

External Data Storage Pada Keyboard

Di sebuah milis tentang keyboard ramai diperdebatkan soal perangkat penyimpan data (data storage) mana yang paling bagus. Disket, Memory Card (MC) atau Flashdisk (FD)? Perdebatannya sudah sampai pada taraf membandingkan merek keyboard dan sediaan drive untuk external data storage.

Seperti yang kita, para player keyboard, tahu bahwa dewasa ini teknologi instrumen musik elektronik juga amat terpengaruh dengan kemajuan dunia IT. Terutama pada perangkat kerasnya (hardware). Dan salah satu hardware penting yang terus berkembang itu adalah media penyimpanan data luar atau external data storage. Mengapa penting? Padahal kan sudah ada hardisk atau media penyimpanan data internal di dalam setiap peralatan elektronik itu? 

Sesungguhnya peralatan musik elektronik dewasa ini didesain dan dibuat dengan teknologi komputer. Terutama pada keyboard yang berfungsi juga sebagai Interactive Workstation, artinya bisa digunakan untuk melakukan kegiatan seperti perekaman, pembuatan aransemen musik atau membuat sample suara (sound sampling). Sayangnya, tidak semua kemampuan komputer secara maksimal dijejalkan ke dalamnya. Salah satunya adalah media penyimpanan data tadi. Kalau pada komputer kita bisa memasang hardisk sampai lebih dari 1000 GB (1 TB), keyboard tidak bisa. Keyboard yang ada sekarang hanya memiliki sedikit ruang penyimpanan data di dalamnya. Paling banter hanya 64 sampai 128 MB. Dan ketika user ingin menyimpan hasil karya yang berupa song atau style, seringkali menemukan pesan bahwa memori sudah penuh. Nah, pada saat itulah diperlukan external data storage (EDS).

Kebutuhan akan external data storage (EDS) ini dibaca oleh para produsen keyboard sebagai salah satu peluang bisnis. Artinya, keyboard yang memiliki fasilitas disket driveMC drive atau colokan USB untuk FD relatif lebih mahal dibanding yang tidak punya fasilitas itu. Tapi, apakah selesai sampai di situ? Rupanya tidak! User keyboard sekarang mendebatkan EDS yang manakah yang paling baik.

Mari kita telaah satu persatu dengan berdasar kepada kapasitas, mobilitas, handling, material fisik dan kompatibilitasnya.

Disket (Floppy Disk): Kapasitasnya paling banter 1,44 MB. Meskipun mudah dibawa tapi cepat sekali rusak. Jika lama tidak dipakai cenderung berjamur dan berdampak pada kotornya head pada disk drive. Material fisiknya pun rentan terhadap panas dan air. Sedangkan kompatibilitasnya, selain untuk keyboard, masih bisa dipergunakan pada komputer yang punya disk drive (saya kira PC saat ini masih punya fasilitas disk drive, kecuali notebook). Dewasa ini sudah mulai jarang digunakan, meskipun masih cukup banyak toko yang menjualnya.

Memory Card (MC): Kapasitasnya sudah ada yang 128 GB. Bentuknya yang kecil dan tipis amat mudah diselipkan dalam dompet. Sayangnya, terminal kontaknya ada di luar dan amat rawan terhadap goresan dan debu. Jika tergores atau kotor, terminal kontak ini bisa tidak menyambung. Material fisiknya juga rentan terhadap panas dan air. Soal kompatibilitas, selain untuk keyboard, MC sekarang banyak digunakan untuk handphone, kamera digital dan perangkat digital lainnya.

Flashdisk (FD): Kapasitasnya ada yang sampai 64 GB. Bentuknya modis dan beragam, mudah dikantongi atau dibuat gantungan kunci. Tapi intinya FD sebenarnya juga MC yang dikemas sedemikian rupa sehingga lebih tahan banting, tahan panas dan tahan air. FD bisa digunakan di perangkat apa saja yang memiliki lubang USB. Nah, karena hampir semua komputer, termasuk notebook, memiliki lubang USB, FD juga menjadi rawan virus. Karena tidak semua lubang USB bersih dari virus.

External Hard Drive (EHD): Sekarang sudah banyak yang menggunakan EHD. Kelebihannya  EHD adalah kapasitasnya besar (1 Terabite), tahan terhadap guncangan, transfer data lebih cepat serta memiliki fungsi keamanan data yang lebih baik. Bentuknya yang seukuran saku menjadikannya mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, juga sudah mendukung USB 3.0 yang terbaru.

Itulah sekedar perbandingannya.

Sekedar cerita, ada seorang teman player yang setiap main selalu bawa-bawa laptop. Katanya, dengan kapasitas memory laptop yang 320 GB, dia bisa simpan macam-macam. Mulai dari data stylesong, sampai notasi dan lirik lagu di dalamnya. Malah dia bisa berkaraoke dengan laptopnya itu.

Bagaimana dengan Anda?

About toekangmoesik

♥ Player solo keyboard di Losari Beach Hotel & Restaurant Makassar ♥ MD & Production Mgr di Radio SPFM Makassar ♥ Mantan Instruktur Gitar di Yayasan Pusat Pendidikan Musik (YPPM) Mataram-NTB ♥

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

jasa pembuatan blog, hosting blog murah, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming murah

MUSIC POLLING

Musichat

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: