Artikel, Music News

Selamat Jalan Bill Saragih

Bill Amirsyah Rondahaim Saragih. Namun lebih populer dengan sebutan Bill Saragih. Lahir di Sindar Raya, Simalungun, Sumatera Utara pada 31 Desember 1932. Setelah beberapa tahun belakangan ini mengalami stroke, musisi jazz dan entertainer ini  wafat pada 29 Januari 2008, pukul 11.15 di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta.

Bill Saragih, sejak usia lima tahun sudah ikut koor gereja. Usia delapan tahun dia sudah  bisa memainkan boogie-woogie dengan piano yang dibeli ayahnya. Inilah cikal bakal Bill menjadi musisi jazz.

Tahun 1949, Bill mendirikan Billy Trio dan bermain di RRI Medan. Tahun 1955 pindah keJakarta dan bekerja pada perusahaan perkapalan di Tanjung Priok. Tahun 1962  dia bermain sebagai full time musician di Hotel Indonesia yang baru dibuka.

Petualangan musik ke luar negeri diawali dengan berangkat ke Hongkong, Manila dan kemudian menetap di Bangkok selama tujuh tahun. Dari Bangkok, Bill kemudian pindah ke Australia. Selama 17 tahun di Negeri Kanguru itu dia sempat mengikuti Jazz Summer Course di Conservatory of Music di Sydney. Juga belajar How to Teach Jazz Improvisation, Arranging and Composition pada Prof. David Baker dari Indiana University, USA. Sambil mengajar privat, Bill masih mengikuti kursus tertulis dari Berklee College of Music, Boston, USA dan mendapat diploma untuk Arranging, Orchestration and Modern Harmony.

Tahun 1988 Bill pulang ke tanah air dengan obsesi menyumbangkan pengetahuan dan pengalamannya kepada pemusik jazz, terutama bagi kalangan muda. Dia berangan di setiap kota propinsi di Indonesia punya sebuah Big Band. Sayang keinginannya belum dapat terwujud.

Ada dua buku Bill Saragih yang sempat menjadi koleksi saya, Improvisasi Jazz Untuk Semua Alat Musik dan Menjadi MC & Entertainer Yang Profesional. Sayang saya lupa tahun berapa saya membelinya, yang jelas buku itu saya peroleh melalui Andy Mangara dari Makassar Jazz Society (MJS). Waktu itu Bill diundang MJS ke Makassar dan sempat menitip beberapa buku diedarkan. Saya sendiri tidak sempat melihat pertunjukannya, tapi bersyukur masih kebagian buku yang sangat berharga ini.

Selamat jalan Om Bill Saragih, tidak salah jika Barons Who’s Who 1999-2000 International Edition mencantumkan namamu sebagai salah satu tokoh musik tingkat dunia. Semoga damai dalam istirahat panjangmu…

About toekangmoesik

♥ Player solo keyboard di Losari Beach Hotel & Restaurant Makassar ♥ MD & Production Mgr di Radio SPFM Makassar ♥ Mantan Instruktur Gitar di Yayasan Pusat Pendidikan Musik (YPPM) Mataram-NTB ♥

Diskusi

2 thoughts on “Selamat Jalan Bill Saragih

  1. Pak Saya punya buku gitar klasik terbitan yppm dari grade 1 sampe 5..apakah masih ada lanjutannya?

    Posted by Andi Hidayat | 26 September 2014, 05:06

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

jasa pembuatan blog, hosting blog murah, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming murah

MUSIC POLLING

Musichat

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: