Artikel, Music Knowledge

Main akord di keyboard cukup satu oktaf

Kalau Anda akrab dengan keyboard atau setidaknya pernah mencoba memainkannya, pasti Anda kenal satu titik di papan kunci yang membatasi area left-hand (tangan kiri) dan area right-hand (tangan kanan).  Titik ini dikenal dengan istilah split-point yang biasanya terletak antara nada B(-1) dengan nada C-(tengah) atau pada middle-point.

Adanya split-point inilah yang memungkinkan kita memainkan akord lengkap dengan accompaniment (iringan) dengan tangan kiri dan memainkan melodi dengan tangan kanan. Dan karena kebutuhannya tidak banyak, area left-hand biasanya hanya punya dua oktaf. Sedangkan area right-hand biasanya tiga atau empat oktaf. Tergantung berapa keys yang dimiliki keyboard tersebut.

 

Lalu, apakah cukup ruang untuk memainkan akord hanya dengan dua oktaf papan kunci?

 

Mengapa tidak? Bahkan hanya dengan satu oktaf pun Anda bisa memainkan semua akord dasar. Mau bukti? Baik, sekarang misalnya kita punya satu oktaf papan kunci dari nada C hingga B seperti gambar berikut : 

 

 

Untuk membentuk akord dasar Major kita hanya butuh tiga nada dari tangga nada dasarnya yaitu do (nada dasar), mi (nada ke tiga) dan sol (nada ke lima). Urutannya boleh 1-3-5, boleh 3-5-1 atau 5-1-3. Dengan dasar ini kita bisa mendapatkan semua akord Major dalam satu oktaf.

 

C major

D major

E major

F major

G major

A major

B major

 

Begitu juga dengan akord minor:

 

C minor

D minor

E minor

F minor

G minor

A minor

B minor

 

Aturan ini juga berlaku untuk akord kromatik seperti C# Major atau C# Minor dan akord kromatik lainnya.

 

Contoh di atas juga berlaku untuk satu oktaf yang dimulai dari nada dasar selain C. Misalnya dimulai dari nada dasar F, maka akan terbentuk tangga nada seperti berikut :

 

           

 

Dengan kondisi ini susunan nada dan bentuk akord akan menjadi sedikit lain. Tapi tetap dalam tatanan 1-3-5, 3-5-1 atau 5-1-3.

 

C major

D major

E major

F major

G major

A major

B major

 

Begitu juga untuk akord Minor.

 

C minor

D minor

E minor

F minor

G minor

A minor

B minor

 

 

Dengan demikian kita sebenarnya hanya butuh satu oktaf untuk memainkan semua akord tiga nada (Major dan Minor). Lalu bagaimana dengan akord empat nada seperti Dominant 7th ,Diminished 7th , Major 7th, Minor 7th, atau akord lainnya? Cobalah memainkannya dengan satu oktaf atau dengan dua belas nada yang tersedia. Bagaimana pun bentuk akordnya, asal nada pembentuknya sesuai, biasanya keyboard yang memiliki kemampuan artificial intelligent (AI Fingering) akan bisa membacanya dengan benar.

 

Kesimpulannya, kita memang hanya butuh satu oktaf untuk memainkan akord dan accompaniment pada keyboard. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan satu setengah atau dua oktaf. Setidaknya, dengan hanya menggunakan satu oktaf, split-point dapat kita geser dan diset satu oktaf lebih rendah dari middle-point. Dengan tujuan, ruang untuk melodi akan lebih lebar dan lebih memungkinkan untuk memainkan nada-nada rendah misalnya untuk memainkan solo bas gitar.

Semoga membantu.

About toekangmoesik

♥ Player solo keyboard di Losari Beach Hotel & Restaurant Makassar ♥ MD & Production Mgr di Radio SPFM Makassar ♥ Mantan Instruktur Gitar di Yayasan Pusat Pendidikan Musik (YPPM) Mataram-NTB ♥

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

jasa pembuatan blog, hosting blog murah, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming murah

MUSIC POLLING

Musichat

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: