Artikel, Music Chronicle

Vocalis sebaiknya tahu nada dasarnya

Seorang penyanyi atau vocalis sebaiknya tahu range nada suaranya. Karena dengan demikian akan mudah menyesuaikan nada dasar untuk sebuah lagu. Dari pengalaman mengiringi penyanyi-penyanyi lokal di kota saya, kebanyakan mereka tidak peduli dengan nada dasarnya sendiri. Ketika harus menyanyikan sebuah lagu baru kasak-kusuk tes suara nyari nada dasar yang kadang kala membuang waktu cukup lama dan membuat audiens tidak sabar menunggu. Bayangkan kalau kejadian itu berulang pada hampir setiap lagu yang akan dinyanyikannya.

Alangkah baiknya jika seorang penyanyi, ketika mempelajari sebuah lagu, mencatat nada dasarnya di samping judul lagu yang ada di buku nyanyian. Lebih bagus lagi kalau dilengkapi dengan jenis irama lagu tersebut (terutama untuk organ tunggal) misalnya slowbeat, slowrock, blues, ballad, chacha, rhumba, bossanova, rock’nroll atau keroncong. Lebih baik lagi kalau dilengkapi dengan ukuran kecepatan metronome (bpm) atau tempo lagunya. Jangan sungkan untuk menanyakannya data tersebut pada player atau personil band yang mengiringi. Dan ingat! Harus dicatat! Karena tidak mungkin kita mengingat nada dasar semua lagu.

Dengan catatan itu, ketika akan menyanyi sang vocalis cukup menyebutkan judul lagu, nada dasar, irama yang diinginkan dan berapa temponya kepada player (untuk organ tunggal) atau cukup judul lagu dan nada dasarnya saja pada salah seorang anggota band. Tidak perlu lama, saya yakin akan langsung jreng…!

Selamat Tahun Baru 2008, semoga sukses 2007 akan berlanjut di tahun yang baru. Tetap optimis…!

About toekangmoesik

♥ Player solo keyboard di Losari Beach Hotel & Restaurant Makassar ♥ MD & Production Mgr di Radio SPFM Makassar ♥ Mantan Instruktur Gitar di Yayasan Pusat Pendidikan Musik (YPPM) Mataram-NTB ♥

Diskusi

2 thoughts on “Vocalis sebaiknya tahu nada dasarnya

  1. nice blog… i’m so interest to reading.. menambah pengetahuan bermusik.. trus mnulis ya kak dey…

    Posted by trimurty | 24 September 2012, 08:48

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

jasa pembuatan blog, hosting blog murah, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming murah

MUSIC POLLING

Musichat

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: