Artikel, Music Chronicle

Belajar Musik Lewat Video? Mengapa Tidak?

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis blog berjudul “Belajar Musik Sendiri? Emang Bisa?”. Dan tulisan itu mendapat tanggapan cukup baik dari teman-teman blogger. Terutama yang berminat belajar musik. Dari tanggapan yang masuk kebanyakan mengeluhkan ketiadaan guru yang siap mengajari mereka. Padahal konsep yang saya lontarkan pada tulisan itu adalah “belajar sendiri” yang otomatis “tanpa guru”. Artinya, Anda yang berminat belajar sendiri harus mau membeli buku pelajaran musik yang banyak dijual di toko-toko buku.

“Wah, susah memahaminya!”

Itu mungkin komentar yang pertama kali Anda ucapkan ketika membuka-buka buku pelajaran musik. Belum lagi gambar not-not balok yang seperti tauge atau kecambah itu membuat Anda pusing kepala. Saya kemudian maklum jika Anda mengurungkan diri untuk belajar musik.

Apakah ada cara lain?

Belajar dari buku bukan satu-satunya cara belajar musik sendiri. Ada cara lain yang mungkin akan Anda gemari. Belajar dari video! Ya, belajar dari video pelajaran musik yang saat ini marak di pasaran. Beberapa waktu lalu ketika saya ke Gramedia Mal Ratu Indah Makassar, saya melihat banyak video pelajaran musik yang dijual di situ. Ada yang format VCD, ada juga yang DVD. Mulai dari Drum, Gitar, Bas, Piano, Keyboard, Biola, Saxophone semuanya ada. Tinggal pilih mau belajar alat musik apa. Dan hebatnya, tutornya bule dan bahasa pengantarnya jelas bahasa Inggris.

Sulitkah belajar dari video?

Yang jelas tidak sesulit belajar dari buku. Karena dengan video, tata letak jari-jemari pada alat musik bisa langsung diberikan contohnya secara visual. Anda tinggal meyonteknya saja. Tapi, sekali lagi, belajarnya harus tekun dan jangan melompat-lompat. Step by step. Dengan begitu, apa yang diajarkan bisa diserap dengan baik.

Beberapa hari lalu saya sempat “googling” di internet mencari situs video pelajaran musik ini yang dijual secara online. Dan saya menemukan cukup banyak situs yang menyediakan VCD/DVD pelajaran musik yang saya maksud. Jika Anda malas mencarinya di toko buku atau toko video, mungkin bisa memesannya secara online.

Selamat mencoba!

About toekangmoesik

♥ Player solo keyboard di Losari Beach Hotel & Restaurant Makassar ♥ MD & Production Mgr di Radio SPFM Makassar ♥ Mantan Instruktur Gitar di Yayasan Pusat Pendidikan Musik (YPPM) Mataram-NTB ♥

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

jasa pembuatan blog, hosting blog murah, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming murah

MUSIC POLLING

Musichat

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: