Artikel, Music Chronicle

Belajar Musik Sendiri? Emang Bisa?

Suatu hari ada seorang kenalan baru bertanya pada saya.

    “Dulu belajar keyboard di mana? Berapa lama?”

    “Sebenarnya saya tidak pernah belajar di sekolah musik formal,” jawab saya,

    “Oo, jadi les privat ya? Siapa gurunya?” tanyanya lagi.

    “Maaf, saya tidak pernah les privat dan guru saya banyak.”

    “Wah, hebat dong, gurunya banyak, siapa aja tuh?”

    “Saking banyaknya, saya sendiri gak ingat siapa saja guru saya. Karena saya tidak pernah bertemu langsung dengannya. Saya hanya belajar dari buku pelajaran yang ditulisnya…”

    “Belajar main musik dari buku? Ah, mana bisa? Saya tidak yakin…” katanya.

Apakah Anda termasuk yang tidak yakin seperti kenalan baru saya itu?

Memang tidak banyak orang yang mampu untuk mengerti, memahami dan mempraktekkan sesuatu tanpa bantuan pengajaran dan bimbingan dari orang yang lebih mampu atau katakanlah seorang guru. Tapi belajar sendiri atau otodidak bukan sesuatu yang buruk atau mustahil di dunia musik. Hal itu bisa dilakukan, buktinya saya sendiri mengalaminya. Hanya saja, sekali lagi, tidak semua orang diberi talenta untuk itu. Karena untuk mahir secara mandiri banyak faktor penentu di dalamnya, di antaranya bakat yang besar dan minat yang besar.

Tapi Paul Cezanne bilang cukup 1% bakat dan 99% kemauan dan latihan?

Benar. Tapi untuk hasil yang maksimal dalam kasus belajar sendiri sebaiknya formulanya menjadi 100% bakat ditambah 100% minat dan latihan. Kalau tidak, Anda tidak akan pernah menyelesaikan pelajaran Anda dan tidak akan bisa bermain musik dan harus mencari seorang guru untuk membimbing Anda.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk belajar sendiri?

Pertama.  Siapkan alat musik yang ingin Anda pelajari di dekat Anda. Misalkan gitar, piano, keyboard, saxophone, harmonica, drum, biola, flute, dan lain-lain. Kalau bisa instrumen itu ada di ruang tidur Anda, Sehingga setiap saat Anda bisa berlatih, kapan saja.

Kedua. Belilah buku pelajaran musik untuk instrumen yang ingin Anda pelajari. Misalkan buku “Belajar Piano Sistem Cepat” atau “Belajar Sendiri Memainkan Gitar” yang banyak dijual di toko buku umum seperti Gramedia. Kemudian mulailah membacanya.

Ketiga. Praktekkan segala petunjuk yang ada pada buku yang Anda beli pada instrumen yang ingin Anda pelajari. Dan ulang-ulangi sampai mahir. Ingat, jangan pindah ke halaman berikutnya jika halaman sebelumnya belum Anda kuasai.

Keempat. Bertanyalah kepada yang lebih mahir (teman atau saudara) jika menghadapi kesulitan memahami isi atau maksud yang tertulis di buku. Atau Anda bisa menyurati pengarang buku tersebut untuk minta petunjuk. Biasanya buku yang bagus menyediakan alamat atau e-mail atau bahkan nomor telepon untuk konsultasi langsung dengan penulisnya.

Kelima. Harus disiplin dan menghargai waktu yang ditetapkan untuk belajar, misalnya satu atau dua jam sehari. Itu bisa pagi, siang, malam atau dini hari, asal tidak menggangu tetangga sebelah kamar Anda yang sedang bermimpi indah.

Keenam. Jangan cepat bosan dan putus asa!

Saya kira keenam tahapan ini bisa menjadi patokan untuk belajar instrumen musik sendiri. Namun, mungkin perlu juga diketahui bahwa buku pelajaran musik yang ada seringkali mensyaratkan Anda harus mahir membaca not balok. Meski tidak semua, buku-buku itu pada pelajaran awalnya hanya mengajarkan notasi balok untuk alat musik yang ingin Anda pelajari. Jadi usahakan tidak melewati pelajaran ini. Karena dengan mahir not balok, Anda akan lebih mudah mempelajari isi buku tersebut sampai tamat.

Jika memang Anda berbakat, tidak sampai 6 bulan Anda akan selesai dengan satu buku. Sekedar contoh, anak perempuan saya yang bungsu belajar memainkan harmonica sendiri tanpa diajari siapa pun dan hanya melihat notasi angka pada buku kumpulan lagu-lagu. Sewaktu di SMP, setiap upacara bendera dia memainkan Indonesia Raya dengan harmonikanya diiringi gesekan biola teman sekolahnya. Sekarang dia mulai belajar memainkan keyboard dengan panduan buku.

Selamat mencoba!  

About toekangmoesik

♥ Player solo keyboard di Losari Beach Hotel & Restaurant Makassar ♥ MD & Production Mgr di Radio SPFM Makassar ♥ Mantan Instruktur Gitar di Yayasan Pusat Pendidikan Musik (YPPM) Mataram-NTB ♥

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

jasa pembuatan blog, hosting blog murah, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming murah

MUSIC POLLING

Musichat

Kategori

Arsip

%d blogger menyukai ini: