Music Hardware, Music Knowledge

Piano Itu Alat Musik Pukul (Perkusi)?

Banyak orang yang mengira piano adalah alat musik pencet layaknya keyboard. Padahal kalau ditelaah lebih jauh, sebenarnya piano tergolong dalam jenis alat musik pukul atau perkusi. Mengapa demikian?

Sebenarnya penggolongan alat musik yang ada dan pernah ada di dunia ini dibagi dalam dua kategori. Keduanya adalah penggolongan berdasarkan sumber bunyinya dan penggolongan berdasarkan cara memainkan atau memproduksi bunyi tersebut.

Untuk yang pertama, penggolongan berdasarkan sumber bunyi dibagi atas:

  1. Membranofon: adalah kumpulan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari membran atau selaput kulit yang diregangkan dan dipasang pada sebuah kotak atau tabung. Misalnya : tambur, genderang, rebana, tifa, drum, conga, bongo dan lain sebagainya.
  2. Aerofon: adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara yang diatur oleh lubang-lubang atau lidah yang ada pada alat musik tersebut. Misalnya : seruling bambu, serunai, recorder, saxophone, flute, terompet dan lain sebagainya.
  3. Ideofon.: adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran alat musik itu sendiri. Contoh : gong, angklung, gambang, kolintang, castanyet, triangel, xylophone, bellira, cymbal dan lain sebagainya.
  4. Kordofon: adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai/tali/senar/corda yang bergetar karena dipetik, digesek atau dipukul. Contoh : rebab, kecapi, siter, gitar, biola, mandolin dan lain sebagainya.
  5. Elektrofon: adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari aliran arus listrik. Contoh : gitar listrik, drum listrik, piano listrik, keyboard, elektone dan lain sebagainya.

Dari penggolongan berdasarkan sumber bunyi ini sudah bisa dipastikan piano adalah jenis Kordofon. Karena sumber bunyi piano adalah dawai atau senar yang berjejer rapi di dalam tubuhnya.

Lalu bagaimana jika digolongkan berdasarkan cara memainkan atau membunyikannya?
Perhatikan penggolongan berikut.

  1. Alat musik tiup menghasilkan suara sewaktu suatu kolom udara didalamnya digetarkan. Tinggi rendah nada ditentukan oleh frekuensigelombang yang dihasilkan terkait dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen, sedangkan timbre dipengaruhi oleh bahan dasar, konstruksi instrumen dan cara menghasilkannya. Contoh alat musik ini adalah saxophone, terompetsuling dan sebagainya.
  2. Alat musik pukul menghasilkan suara sewaktu dipukul atau ditabuh. Alat musik pukul dibagi menjadi dua yakni bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen. Contohnya adalah kolintang (bernada), drum (tak bernada), dan bongo (tak bernada).
  3. Alat musik petik menghasilkan suara ketika senar digetarkan melalui dipetik. Tinggi rendah nada dihasilkan dari panjang pendeknya dawai. Contohnya adalah gitar, kecapi dan sebagainya.
  4. Alat musik gesek menghasilkan suara ketika dawai digesek. Seperti alat musik petik, tinggi rendah nada tergantung panjang dan pendek dawai. Contohnya adalah biola dan rebab.

Nah, lalu bagaimana dengan piano?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sumber bunyi piano adalah dawai atau senar (kordofon). Tapi senar pada piano tidak dipetik seperti gitar atau digesek seperti biola. Senar pada piano dibunyikan dengan cara memukulkan sejenis palu kecil (lihat gambar). Mekanismenya adalah jika pemain piano menekan jemarinya pada tuts maka tekanan itu akan memicu palu untuk memukul senar. Semakin keras tuts ditekan, semakin keras pula palu memukul dan suara getaran senar akan semakin keras pula. Analogi mekanisme ini seperti mesin ketik jaman dulu.

Begitulah.

About toekangmoesik

♥ Player solo keyboard di Losari Beach Hotel & Restaurant Makassar ♥ MD & Production Mgr di Radio SPFM Makassar ♥ Mantan Instruktur Gitar di Yayasan Pusat Pendidikan Musik (YPPM) Mataram-NTB ♥

Diskusi

2 thoughts on “Piano Itu Alat Musik Pukul (Perkusi)?

  1. betul banget tuh… setelah sekian lama gw baru sadar itu dipukul pke jari2 ternyata.. hehee.. thank’s ya.. bacaan yg menarik.. #mantapp dahh..

    Posted by trimurty | 24 September 2012, 08:50

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

jasa pembuatan blog, hosting blog murah, jasa pembuatan radio streaming, cara membuat radio streaming murah

MUSIC POLLING

Musichat

Kategori

Arsip

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.321 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: